Jumat, 19 September 2014

PERBANDINGAN ANTARA "Toyota Great Corolla" VS "Honda Civic Genio"

Dalam artikel ini kami akan membandingkan antara sedan yang memiliki rivalitas tinggi di masanya, yaitu great corolla dengan civic genio. Keduanya menurut opini kami memiliki desain yang tidak usang meski sudah berumur 20 tahunan, bahkan untuk great corolla masih terlihat lebih manis daripada generasi all new corolla 1.6. Tetapi harga bekas keduanya sedikit berbeda, kalau great corolla main di 60an juta sementara civic genio main di 50-75an juta. Seperti komparasi klan corolla dengan klan civic pada umumnya, selalu memiliki perbedaan konsep yang diusung. Civic lebih ke sporty ala anak muda, sementara great corolla lebih ke elegan.
Great Corolla
Great corolla mengusung mesin legendaris toyota twincam 4A, namun yang dijual di indonesia adalah 4AFE yang merupakan versi murah/iritnya. Tenaga yang dihasilkan juga cukup mumpuni, sekitar 115HP. Sementara karakter mesin corolla ini lebih kuat di putaran rendah-menengah namun agak loyo di putaran atas. Kelebihan toyota great corolla adalah sparepart melimpah dan brand toyota membuat harga jualnya stabil. Sementara itu, great corolla memiliki kekurangan pada ruang kabin belakang yang tergolong sempit dan rem belakang masih tromol. Pada masa produksinya great corolla mengalami minor facelift pada tahun 94. Namun sayangnya facelift yang dilakukan malah membuang beberapa fitur yang menjadi kelebihan seperti retracable mirror dan berkurangnya ventilasi AC. Selain itu perubahan model grill menjadi lebih elegan.
Civic Genio
Civic genio merupakan generasi ke 5 dari brand civic. Mengusung mesin D16 sohc bertenaga 120ps, meski masih SOHC dan non VTEC tenaga yang dihasilkan mengungguli great corolla yang menerapkan cam ganda. Karakter mesin kebalikan dari great corolla, biasa-biasa saja di putaran rendah namun cukup kuat di putaran tinggi. Kelebihan dari civic genio adalah kabin yang lebih lega, telah memakai cakram di keempat roda, suspensi belakang double wishbone yang membuat handling mantab. Kemudian tak lupa brand Honda membuat harga bekasnya terjaga, namun tak sebaik toyota punya. Sementara kekurangannya adalah kualitas interior yang kurang baik dan kaki-kaki yang ringkih serta mahal perawatannya sebanding dengan handlingnya yg oke. Dalam masa produksinya genio juga mengalami perubahan pada model 94, perubahan yang dilakukan hanya pada radiator dari 1ply menjadi 2ply untuk memperbaiki masalah overheat yang sering terjadi.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar