Selasa, 09 September 2014

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CIVIC EG (ESTILO DAN GENIO)

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari jenis Honda varian Civic EG (Genio & Estilo)


Kelebihan :

* Lekuk bodi yang bulat, aerodinamis & tidak kaku membuat mobil ini tidak ketinggalan jaman meski sudah berumur.

* Image Honda membuat mobil ini mempunyai resale value / harga jual yang baik.

* Meski belum mengusung teknologi VTEC seperti Honda Civic Ferio (generasi setelah Civic Genio) konsumsi BBM cukup irit, dalam kota rata2 sekitar 1:10 & luar kota 1:12.

* Sparepart cukup banyak di pasaran mulai dari yang orisinal hingga yang kelas KW tersedia. Limbah2 bodi & jeroan ex-Singapore juga banyak yang jual disini.

* Dalam kondisi standar & mesin sehat, mobil ini bisa digeber hingga 180 km/h bahkan lebih.

* Roda belakang sudah dilengkapi dengan cakram sehingga tak usah ragu buat yang doyan ngebut.

* Suspensi double wishbone khas Honda membuat mobil ini cukup nyaman dipake.

* Interior termasuk lega dibandingkan dengan rival2nya. Seatbelt belakang pun tersedia kecuali untuk Civic Genio keluaran 1992-1993.

* Buat yang doyan nginjek pedal gas dalam2, doping penambah tenaga cukup banyak tersedia di pasaran.


Kekurangan :

* Pajak mobil berkisar 1,5 jt – 1,7 jt, cukup mahal untuk mobil yang sudah berumur.

* Mesin belum menerapkan tekonologi VTEC-E (economy), jika diterapkan konsumsi BBM bisa ditekan lagi.

* Kualitas doortrim dimana plastik/fiber gampang pecah / retak. Konsekuensinya kudu bikin fiber ulang ato pake doortrim limbah ex-Singapura.

* Bahan jok kurang bagus, busa juga terkesan gampang kempis.

* Sektor kaki2 cukup ringkih, apalagi kalo sering lewat jalan jelek umur komponen gak bakal nyampe 2 tahun.

* Civic Genio/Estilo tahun 1992-1993 masih menganut radiator 1 ply, mesin gampang overheat. Untungnya sudah diperbaiki dengan menggunakan radiator 2 ply buat keluaran tahun 1994-1995.

* Minim tempat nyimpan barang di interior, dah gitu kagak ada console box lagi. Susah buat naruh botol air mineral, minuman kaleng dsb.


* Baut pulley gampang koyak, kudu sering dicek, sebaiknya diganti pada waktu ganti timing belt, belt P/S, belt alternator dkk,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar